Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta
menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat . Ilmu
komunikasi tidak peruntukkan bagi orang pendiam atau jarang ngomong ? Itu salah. Karena
seperti kita tahu komunikasi bisa lewat lisan dan tulisan jadi pernyataan itu cuman mitos siapun
kamu asal puna minat , niat dan passion di jurusan ini pasti enjoy banget dan asyik.
Kita liat dulu tempat belajar kita , karena kalau sarana atau tempat belajar kita asyik
pasti kitanya pun semnagat belajarnya seperti halnya jurusan lain seperti FMIPA dan FK
memilik Iabotarium sendiri , apabila ita masuk kejurusan ini , kita memiik beberapa labotarium
milik kita sebgai sarana pembelajaran seperti Laboratorium Televisi Siaran ,Laboratorium
Radio ,Laboratorium Fotografi ,Laboratorium Grafika , Laboratorium Computer Mediated
Communication ,sLaboratorium Pengelolaan Informasi ,Laboratorium Media and News
Room ,Laboratorium Event and Conference.
Ilmu Komunikasi
adalah ilmu yang mempelajari
tentang komunikasi antar individu dan grup Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.).
Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di
seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap
PTN . Contoh Seperti di UNPAD Manajemen Komunikasi Dan di UI Komunikasi Media
Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan biasanya hal-hal dasar menyangkut
komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA , IPS , BAHASA kita
mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu.
Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto , utak atik alat teknologi
komunikasi , cara berbicara didepan umum yang benar , desain visual , dan vcara penggunaan
komputer dalam kegunaannya sebgai alat komunikasi , kita juga belajar psikologi komunkasi
Karena jurusan ini paling netral
dibanding jurusan ini secara umum lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis , reporter ,
pembawa acara tv , fotografer , desain komunikasi visual , editor gambar dan video , produser ,
sutradara , penyiar radio , public relation perusahaan bahkan kita apat bekerja di bank juga .
Di
jurusan ilmu komunikasi ini peminatan dilakukan, agar kita lebih di fokuskan
pada salah satu bidang , contohnya jurnalisitik , pada peminatan ini lebih menitikberatan pada
bidang jurnalisme , baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun
media elektronik seperti radio dan televisi .Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari
tentang penggunaan teknologi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Tumbuhnya
pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik
sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan.
Lalu pada peminatan bidang PR , nah ini cocok banget bagi orang yang senang
bicara dimuka umum karena hal yang dipelajari dan lulusan ini lebih banyak bekerja dengan
berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam bahasa kesehariannya adalah
HuMas. PR dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan , kenapa? Karena
perencanaan sebuah perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal
rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar.
Pastinya semua Lembaga dan Perusahaan memerlukan sarjana ahli di bidang PR . Prospek
pekerjaannya bagi sarjana lulusan ini adalah sebagai Perkembangan PR Consultant, Event
Organizer, dan kebutuhan akan profesi public relations di departemen/perusahaan pemerintah
maupun swasta, memerlukan kompetensi praktisi Humas yang mumpuni.
Untuk Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Media secara umum semuaanya
mirip hanya dalam hal yang diperdalaminya saja berbeda . Manajemen komunikasi secara
singkat adalah dalam kita memanaj komunikasi . Komunikasi Media Lebih ke Penyiaran dan
Broadcasting.
Jurusan komunikasi ada 4 jurusan yang paling dasar:
1. public relation : disini lo pelajarin tentang hubungan suatu
perusahaan dengan masyarakat, lo berusaha ciptain good image
perusahaan/selebritis atau bahkan presiden (seperti kejadian bill
clinton yang selingkuh,PRnya hebat banget bisa nyusun kata2 yang buat
orang memaafkan en dukung bill clinton) kepada masyarakat luas.. lo juga
tanggung jawab buat nyelesain masalah yang merusak nama baik
perusahaan/orang tersebut... pokoknya funn banget... lo mesti belajar
buat pahami orang yang ada disekitar lo buat nantinya berguna banget
waktu lo melakukan strategi PR..
prospek kerjanya :public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll..
2. advertising : disini lo belajar tentang periklanan, buat iklan, en
gak harus bisa gambar kok, karena bisa pake komputer, yang penting
kreatif... lo disini belajar semua2nya tentang iklan, media iklan, sampe
pekerjaan lo di periklanan.
prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian creative,dll)
3.marketing : disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..
prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll
4. mass communication: disini belajar tentang broadcasting, mulai dari
bikin script buat radio ato berita, trus cara bikin film, cara
editing,cara jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.. semua yang
berbau2 broadcast deh..
prospek kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa
jadi pekerjaan yg lulus dari jurusan mass communication, soalnya di mass
communication pelajarin public relation, advertising en marketing
juga..
sebenarnya pada
dasarnya prospek kerjanya udah bagus, soalnya zaman gini, masyarakat
indo udah ngerti kelebihan dari jurusan komunikasi yang ternyata penting
banget...
belajar komunikasi seru deh..
Sumber : jurusan ilmu komunikasi , kelebihan ilmu komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar