Kamis, 14 Agustus 2014

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang tata cara beromunikasi serta menggunakan berbagai alat komunikasi sebagai saran komunikasi terhadap masyarakat . Ilmu komunikasi tidak peruntukkan bagi orang pendiam atau jarang ngomong ? Itu salah. Karena seperti kita tahu komunikasi bisa lewat lisan dan tulisan jadi pernyataan itu cuman mitos siapun kamu asal puna minat , niat dan passion di jurusan ini pasti enjoy banget dan asyik. Kita liat dulu tempat belajar kita , karena kalau sarana atau tempat belajar kita asyik pasti kitanya pun semnagat belajarnya seperti halnya jurusan lain seperti FMIPA dan FK memilik Iabotarium sendiri , apabila ita masuk kejurusan ini , kita memiik beberapa labotarium milik kita sebgai sarana pembelajaran seperti Laboratorium Televisi Siaran ,Laboratorium Radio ,Laboratorium Fotografi ,Laboratorium Grafika , Laboratorium Computer Mediated Communication ,sLaboratorium Pengelolaan Informasi ,Laboratorium Media and News Room ,Laboratorium Event and Conference.

Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari tentang komunikasi antar individu dan grup Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). Jurusan Ilmu Komunikasi mempunyai 3 Peminatan namun yang sering dan ada di seluruh PTN yaitu bidang jurnalistik , PR (Public Relation) dan yang ketiga berbeda beda tiap PTN . Contoh Seperti di UNPAD Manajemen Komunikasi Dan di UI Komunikasi Media

Pembelajaran yang kita pelajari sebelum peminatan biasanya hal-hal dasar menyangkut komunikasi seperti halnya di SMA sebelum kita penjurusan ke IPA , IPS , BAHASA kita mempelajari semua dasar dasarnya terlebih dahulu. Seperti cara pengambilan foto dengan benar seperti hunting foto , utak atik alat teknologi komunikasi , cara berbicara didepan umum yang benar , desain visual , dan vcara penggunaan komputer dalam kegunaannya sebgai alat komunikasi , kita juga belajar psikologi komunkasi


Karena jurusan ini paling netral dibanding jurusan ini secara umum lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai penulis , reporter , pembawa acara tv , fotografer , desain komunikasi visual , editor gambar dan video , produser , sutradara , penyiar radio , public relation perusahaan bahkan kita apat bekerja di bank juga .


Di
jurusan ilmu komunikasi ini peminatan dilakukan, agar kita lebih di fokuskan pada salah satu bidang , contohnya jurnalisitik , pada peminatan ini lebih menitikberatan pada bidang jurnalisme , baik jurnalistik pada bidang media cetak seperti majalah koran maupun media elektronik seperti radio dan televisi .Pada peminatan ini lebih dalam mempelajari tentang penggunaan teknologi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi. Tumbuhnya pertelevisian nasional, surat kabar dan radio, memerlukan tenaga jurnalis yang handal, baik sebagai reporter, announcer, dokumenter, maupun produser pemberitaan.

Lalu pada peminatan bidang PR , nah ini cocok banget bagi orang yang senang bicara dimuka umum karena hal yang dipelajari dan lulusan ini lebih banyak bekerja dengan berkomunikasi kepada individu atau masyarakat atau dalam bahasa kesehariannya adalah HuMas. PR dalam sebuah lembaga atau perusahaan sangat diperlukan , kenapa? Karena perencanaan sebuah perusahaan bila tidak sampai pada semua pekerja internal dan eksternal rencana tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana apabila informasi tidak sampai secara benar. Pastinya semua Lembaga dan Perusahaan memerlukan sarjana ahli di bidang PR . Prospek pekerjaannya bagi sarjana lulusan ini adalah sebagai Perkembangan PR Consultant, Event Organizer, dan kebutuhan akan profesi public relations di departemen/perusahaan pemerintah maupun swasta, memerlukan kompetensi praktisi Humas yang mumpuni.


Untuk Manajemen Komunikasi dan Komunikasi Media secara umum semuaanya mirip hanya dalam hal yang diperdalaminya saja berbeda . Manajemen komunikasi secara singkat adalah dalam kita memanaj komunikasi . Komunikasi Media Lebih ke Penyiaran dan Broadcasting.


Jurusan komunikasi ada 4 jurusan yang paling dasar:
1. public relation : disini lo pelajarin tentang hubungan suatu perusahaan dengan masyarakat, lo berusaha ciptain good image perusahaan/selebritis atau bahkan presiden (seperti kejadian bill clinton yang selingkuh,PRnya hebat banget bisa nyusun kata2 yang buat orang memaafkan en dukung bill clinton) kepada masyarakat luas.. lo juga tanggung jawab buat nyelesain masalah yang merusak nama baik perusahaan/orang tersebut... pokoknya funn banget... lo mesti belajar buat pahami orang yang ada disekitar lo buat nantinya berguna banget waktu lo melakukan strategi PR..
prospek kerjanya :public relation, event organiser, management artis, public speaker, dll..

2. advertising : disini lo belajar tentang periklanan, buat iklan, en gak harus bisa gambar kok, karena bisa pake komputer, yang penting kreatif... lo disini belajar semua2nya tentang iklan, media iklan, sampe pekerjaan lo di periklanan.

prospek kerjanya: semua yang ada di advertising agency (bagian media,bagian creative,dll)

3.marketing : disini belajar tentang marketing/pemasaran tapi lebih ke komunikasinya..

prospek kerjanya : marketing, public speaker,sales ,dll

4. mass communication: disini belajar tentang broadcasting, mulai dari bikin script buat radio ato berita, trus cara bikin film, cara editing,cara jadi presenter, sutradara, kameramen,dll.. semua yang berbau2 broadcast deh..

prospek kerjanya : yang ini banyak, hampir semua bidang komunikasi bisa jadi pekerjaan yg lulus dari jurusan mass communication, soalnya di mass communication pelajarin public relation, advertising en marketing juga..

sebenarnya pada dasarnya prospek kerjanya udah bagus, soalnya zaman gini, masyarakat indo udah ngerti kelebihan dari jurusan komunikasi yang ternyata penting banget...

belajar komunikasi seru deh..


Sumber : jurusan ilmu komunikasi , kelebihan ilmu komunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar